TERBANG DIBAYAR, MAU?

20.11.13

Tips Turunkan Kolesterol Tanpa Obat


Biasanya para penderita kolesterol tinggi menurunkan kadar kolesterol mereka memakai obat medis bernama statin. Namun, ada juga cara alami menurunkan kadar kolesterol tanpa konsumsi obat tersebut, lho. Kuncinya adalah kedisiplinan untuk mengubah pola hidup tak sehat menjadi lebih sehat.

Nah, bagaimana cara turunkan kolesterol tanpa obat? simak berikut ini:

  • Hindari kalori tinggi. Ganti asupan makanan Anda yang berkalori tinggi dengan sayuran, buah, dan kacang-kacangan yang sehat.
  • Oatmeal. Oatmeal merupakan bahan makanan yang disarankan untuk penderita kolesterol tinggi, sebab ia mempunyai kandungan serat larut yang bisa menyerap lemak jahat dan membuangnya bersama proses metabolisme.
  • Tidur cukup. Seseorang mempunyai kebutuhan tidur sekitar 8 jam per hari. Jika kurang, maka ada kecenderungan kadar kolesterol jahat meningkat. ini karena kurang tidur membuat seseorang lebih banyak ngemil dan merasa lapar.
  • Vitamin D. Ya, memang ada hubungan antara kurangnya vitamin D dengan kadar kolesterol. jadi jangan lupa untuk berjemur di sinar matahari pagi, konsumsi susu rendah lemak, dan suplemen vitamin D bila perlu.
  • Kurangi tepung. Makanan yang terbuat dari tepung gandum bisa jadi pemicu kenaikan kadar kolesterol. Kurangi produk makanan tersebut agar kadar kolesterol Anda tetap stabil.
  • Olahraga. Apapun jenis olahraga yang Anda tekuni, dapat membantu membuat tubuh sehat sekaligus menjaga kadar kolesterol. Atau bila tidak, berjalan kaki hingga berkeringat juga termasuk hal yang disarankan bagi Anda.


Tidak ada komentar: